Berita

Pencairan BPUM Tahap 2 Pada Bulan Desember 2020

Pameungpeuk, GAPEGAS.OR.ID – Pemerintah melanjutkan progam Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) kepada pelaku UMKM tahap II. Pencairan tahap II mulai dilakukan menyusul pencairan tahap I, yang dilakukan sejak Agustus lalu, hampir mencapai 100 persen.

“Anggaran juga sudah kami terima dari Kementerian Keuangan, karena itu sudah bisa kami jalankan,” ungkap Teten dalam konferensi pers secara virtual beberapa waktu lalu.

Program bantuan ini menyasar 12 juta pelaku UMKM terdampak covid-19. Pada tahap I, pemerintah telah memberikan banpres produktif kepada 9,16 juta pelaku UMKM. Selanjutnya, pencairan bantuan tahap II akan menyasar 3 juta penerima.

Bantuan yang diberikan senilai Rp2,4 juta setiap pelaku UMKM. Secara total, pemerintah menyiapkan dana sekitar Rp28 triliun untuk program banpres produktif.

Sementara itu, kriteria dan syarat calon penerima bantuan dalam penyaluran tahap II ini masih sama. Meliputi WNI, mempunyai NIK dan KTP, memiliki usaha mikro (berdagang, menjahit, bengkel, penjual gorengan dan masih banyak lain), dan bukan PNS, TNI/Polri, Pegawai BUMN dan BUMD.

Seperti diketahui, pemerintah telah menyiapkan anggaran untuk penanganan pandemi virus corona sebesar Rp695,2 triliun. Dana itu dialokasikan untuk berbagai sektor.

Rinciannya, untuk perlindungan sosial sebesar Rp203,9 triliun, UMKM sebesar Rp123,46 triliun, insentif usaha Rp120,61 triliun, kementerian/lembaga atau pemerintah daerah Rp106,11 triliun, kesehatan Rp87,55 triliun, dan pembiayaan korporasi Rp53,55 triliun.

Untuk proses pencairan program BPUM atau BLT UMKM sebesar Rp 2,4 juta ini akan disalurkan mulai Desember hingga akhir Desember.

Diperkirakan pada minggu pertama dan kedua akan dilakukan pengumuman apakah Anda lolos atau tidak sebagai penerima program BPUM atau BLT UMKM Rp2,4 juta.

Setelah Anda lolos akan dilakukan proses pencairan BLT UMKM Rp2,4 juta ke bank penyalur yakni BRI yang sudah ditunjuk pihak Kemenkop RI.

 

Continue Reading
You may also like...
1 Comment

1 Comment

  1. Ayi kusmiati

    Senin, 23 November 2020 8:38 AM at 8:38 am

    Alhamdulillah.. Apa yg di harapkan masyarakat yg sdh memenuhi kriterianya dpt mnrima /lolos validasinya dalam program banpres ini..
    Aamiin yra.. ??

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Berita

AdvertisementAsro Networks Web Hosting Solutions
BUPATI CUP Futsal Competition 2020 Antar SLTP-SLTA-Klub Umum Se Garut Selatan

GROUP SOSMED

Topik

AdvertisementGet Kylafood On Asro Market
To Top